Mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang tercinta. Untuk memastikan mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, banyak sekali tips merawatnya Gen-Q seperti makan banyak buah-buahan dan sayuran, hindari duduk terlalu lama di depan computer, jangan membaca dalam cahaya redup Dsb.

Namun, ada loh cara yang begitu ajaib dan simpel agar mata tetap sehat! siap untuk cari tau?

Resep ini datang dari Imam Syafi’i, beliau mengatakan : “Tiga hal yang menyehatkan mata ; melihat pepohonan yang hijau, melihat mushaf Al-Qur'an dan melihat ka’bah.”

  1. Melihat pepohonan hijau

Saat mata melihat sesuatu yang hijau atau berwarna hijau terlebih tumbuhan/pepohonan yang hijau, mata kita tidak perlu penyesuaian apapun Gen-Q, makanya kita terasa nyaman dan tenang ketika melihatnya.

Masih ingat pelajaran Biologi disekolah? bahwa mata manusia mempunyai dua sel di retinanya yaitu sel kerucut dan sel batang, sel batang menangkap gelap/terang sedangkan sel kerucut menangkap warna. Dan kebanyakan sel kerucut kita lebih respon terhadap warna hijau Gen-Q!

2. Melihat Mushaf

Para ulama seperti Imam Suyuthi, menyarankan untuk membaca Al-Quran dengan melihat mushaf Gen-Q, selain agar lebih selamat dari kesalahan dalam membaca, dapet pahala melihat huruf mushaf dan dibenci setan. Ternyata membaca Al-Qur'an dengan cara langsung menatap mushaf menyehatkan mata bahkan dapat menyembuhkan sakit mata loh!

 Ini sebagaimana kisah yang bersumber dari Ali bin Khalaf, begini kutipannya :

 

فإنه كان بي رمد فشكوت ذلك إلى عبد الله بن مسعود فقال لي: أدم النظر في المصحف، فإنه كان بي رمد فشكوت ذلك إلى رسول الله صلى الله عليه وآله فقال لي: أدم النظر في المصحف، فإنه كان بي رمد فشكوت ذلك إلى جبرئيل فقال لي: أدم النظر في المصحف

Dulu saya pernah sakit mata kemudian mengadukan hal itu pada Abdullah bin Mas’ud.

Abdullah bin Mas’ud berkata, “Pandangilah terus mushaf, karena dulu saya pernah sakit mata lalu melaporkan hal itu pada Rasulullah Saw, beliaupun memberi solusi yang sama, “Lihatlah terus-menerus mushaf, karena resep itu didapat dari Jibril AS.

*Terjemahan disesuaikan

 

3. Melihat Ka'bah

Melaksanakan haji atau umrah tentu memiliki kesan istimewa dalam hidupnya.

Melihat sesuatu secara langsung dan tidak langsung, tentunya berbeda. Begitupun dengan melihat Ka’bah. Bibir tanpa sadar akan mengucap syukur! Apalagi ada kabar bahwa melihat Ka'bah menyehatkan mata, karena itu Baitullah ...

Share:
0
Total Santri
0
Guru Pengajar
0
Cabang
0
Program Belajar
Like us!
Follow us!
Watch us!