Surat Al Baqarah adalah surat terpanjang dalam Al-Quran, mengapa disebut dengan surat Al-Baqarah? Karena didalamnya ada kisah tentang sapi betina.

Pada kesempatan kajian kali ini (10/09/2020) Prof. DR. KH. Nasaruddin Umar membahas penamaan surat Al Baqarah dan kenapa setelah Al Fatihah langsung ke surat tersebut.

Beliau dalam pengantar kajian mengilustrasikan penyusunan Al Quran sama halnya dengan hutan belantara yang jauh dari kata jenuh karena disusun langsung oleh Allah.

Pertama-tama kita dijemput oleh Al Fatihah kemudian langsung Al Baqarah disusul Ali Imran (Keluarga Imran), An-Nisa (Wanita), Al Maidah (Makanan) dan seterusnya. Berbeda dengan disertasi/penelitian yang diawali dengan pendahuluan, bab 1, bab 2 sampai penutup, Al Quran tidak seperti disertasi, sama halnya hutan belantara selalu asli bukan rekayasa buatan manusia, sehingga kapan pun kita garap hutan belantara tidak pernah berhenti, inspirasi selalu muncul dikarenakan kita tidak bisa menebak isinya hutan belantara itu apa.

Pembahasan kedua Imam Besar Masjid Istiqlal memulai dengan pertanyaan, kenapa Al Baqarah dibuka dengan fawatihu suar (Pembuka surat), lafadz Alif Laam Miim?

Banyak Ulama tafsir mengartikan lafadz الـمّ  dengan singkatan Allah, Malaikat dan Nabi Muhammad, rinciannya sebagai berikut :

ا  = الله = Allah

ل = الملائكة = Malaikat

م = محمـد = Muhammad

Sedangkan hikmah dari Alif Laam Miim dan pembuka surat itu sendiri menurut Prof. DR. Rasyd Khalifah dalam disertasinya tentang matematika Al Quran, beliau berangkat dengan ayat عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَ dan diatasnya ada rumus Sembilan belas. Prof. DR. Rasyd Khalifah seorang darah mesir yang merupakan warga Negara Amerika yang berkat disertasinya berhasil mengislamkan orang-orang dari amerika dan benua eropa. Beliau menyusun sebuah bukti bahwa Al Quran disusun berdasarkan rumus angka 19, menurut sarjana matematika angka pembagi yang paling berat adalah kombinasi angka paling bawah yakni angka 1 dengan angka paling tinggi yaitu 9, 1 dan 9 atau 19 (Sembilan belas) diakui oleh sarjana matematika sebagai pembagi yang paling berat.

Justru Al Quran menggunakan angka 19 yang konon paling beratnya pembagi, apa maksudnya? Semua jumlah ayat dalam Al Quran dapat dibagi Sembilan belas, tak terkecuali الم  jika kita punya computer quran atau dapat menghitung jumlah huruf alif, laam dan miim, ada berapa jumlahnya? Setelah itu dibagi 19 pasti bisa.

Misteri angka 19 dalam quran masih terus berproses, pungkas Prof. DR. Nasaruddin Umar

Beliau menambahkan contoh keajaiban angka 19, ayat yang pertama kali turun ada 5 ayat yang semua jumlah ayatnya/kosakatanya berjumlah 19, tidak berhenti sampai disitu bahkan jumlah ayat surat Al-Alaq adalah 19 ayat, yang menakjubkan lagi tingkatan surat dari Annas s/d Al-Alaq jika kita hitung hasilnya tepat 19 surat, begitu juga sebaliknya jika kita hitung surat diawal juz 30 (surat An-Naba’) sampai ketemu dengan surat Al-Alaq suratnya berjumlah 19 surat.

Jumlah kosakata yang dimiliki oleh surat Al-Alaq itu dapat dibagi 19, beliau juga memaparkan penjelasan hitungan angka 19

Jumlah surat dalam Al-Quran (114 : 19 = 6) Basmalah dalam Al-Quran berjumlah (114 : 6 = 19) bahkan huruf dari بسم الله الرحمن الرحيم berjumlah 19.

Hal-hal yang disampaikan beliau tentang itu semua adalah sebagai dalil bahwa mustahil Al Quran dibuat oleh manusia!

 

Share:
0
Total Santri
0
Guru Pengajar
0
Cabang
0
Program Belajar
Like us!
Follow us!
Follow us!
Watch us!